Bakesbangpol Provinsi Riau Taja Kegiatan Pendidikan Budaya Politik Bagi Elemen Masyarakat Di Kota Pekanbaru

Posted on September 12, 2017 | in HotNews | by

Pekanbaru Tribunterkini- Bakesbangpol Provinsi Riau Taja Kegiatan Pendidikan Budaya Politik Bagi Elemen Masyarakat Di Kota Pekanbaru (12/09/17) di Hotel Batiqa jalan Sudirman.Nampak Hadir Kepala Bakesbangpol Provinsi Riau, Bakesbangpol Kota Pekanbaru yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Kesbangpol Kota Hj. Lili Suryani,S.Sos.M.Si, kegiatan ini diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari unsur elemen masyarakat (Tokoh Masyarakat, Organisasi Pemuda, Organisasi Wanita) di Kota Pekanbaru.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau selanjutnya pada kegiatan tersebut, sebagai narasumber Polmendagri Indra Pure Putra, Yantos,M.Si dari dosen UIN Suska, serta dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau Peri Yusnadi, S.Sos. MH. Moderator Hj.Lili Suryani,S.Sos . M.Si, Drs.Zailis Nawas,S.IP.M.Pd, Drs.Zulnawirawan.M.Si.

Selanjutnya Narasumber dari Polmendagri Indra Pura Putra menyampaikan materi Kebijakan Politik dalam Pengembangan Etika dan Budaya Politik Indonesia bahwa misi pembangunan politik mewujudkan masyarakat demokratis berlandaskan hukum adalah memantapkan kelembagaan demokrasi yang lebih kokoh, memperkuat peran Ormas, menjamin pengembangan media dan kebebasan media dalam mengomunikasikan kepentingan masyarakat UU No.17 Tahun 2007 Tentang RPJPN 2005-2025.

Kebijakan nasional bidang Poldagri Tahun 2017 sebagai berikut pelaksanaan seleksi KPU dan Badanku periode 2017-2022 yang sudah dilantik pada 11 April 2017, Rencana pemerintah di tahun 2017 untuk menaikkan jumlah atau besaran bantuan keuangan partai politik, Rencana aksi terhadap pemantauan perkembangan politik dalam negeri terutama bagi daerah yang melaksanakan Pilkada serentak tahun 2017 serta Pemetaan situasi dan kondisi poldagri, Penyusunan RUU Partai Politik dan RUU MD3.

Kemudian Dosen UIN Suska Yantos,S.IP.M.Si menyampaikan materi Aplikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara, Peran tokoh-tokoh masyarakat dalam aplikasi nilai-nilai Pancasila yaitu Dasar negara Pancasila yang dirumuskan dari rangkaian pidato Bung Karna 1 Juni 1945 hingga akhirnya disepakati pada tanggal 18 Agustus 1945, merupakan hasil jiwa besar elemen bangsa menjadikan Indonesia sebagai satu kesatuan.

Rumusan final 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para founding fathers kita, para ulama, para tokoh agama, dan para pejuang Kemerdekaan dan seluruh nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan yang mempersatukan kita. Maka harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah kodrat keberagaman, takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman dari Sabang sampai Merauke.

Penanaman nilai-nilai Pancasila harus disosialisasikan ke Keluarga (Rumah Tangga), Kampus, Masyarakat. Aplikasi nilai-nilai Pancasila harus ada dibeberapa lingkungan seperti lingkungan keluarga, lingkungan Sekolah, lingkungan masyarakat, lingkungan berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya narasumber dari Bakesbangpol Provinsi Riau Peri Yusnadi,S.Sos.MH menuturkan Sistem Politik Indonesia menyampaikan bahwa himpunan suatu benda nyata atau abstrak yang terdiri dari bagian-bagian atau komponen yang saling berkaitan, berhubungan, berketergantungan, saling mendukung yang secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu. Kerjasama suatu pak yang berkaitan secara utuh.

Definisi Politik sebagai berikut :

  1. Polis: Kota.
  2. Polites: Kewarganegaraan.
  3. Politea: Semua yang berhubungan dengan negara.
  4. Politika: Pemerintahan negara.
  5. Kata “Politik” dikenalkan oleh Aristoles yang menyebut bahwa manusia sebagai Zoon Politikon (Makhluk yang berpolitik) bahwa Hakikat kehidupan sosial adalah Politik.

6.  Hubungan antar manusia menimbulkan aturan, kewenangan dan kekuasaan. (Ruben).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Advertorial

Nikson 1 Bupati Taput Mengambil Sumpah Janji ASN TAPUT Tribunterkini- Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan.M.Si mengambil Sumpah-Janji sebanyak 620 orang Aparatur Sipil...
RS Syafira Ke 8 Besok, Dalam Rangka Milad Ke 8 Tahun Rumah Sakit Syafira Dengan Tema “Eight Bright Like a Diamond”, Berikut Rangkaian Kegiatannya Pekanbaru Tribunterkini- Dalam rangka Milad Rumah Sakit (RS) Syafira Ke 8 Tahun, RS.Syafira mengadakan acara...
Dispar Riau Fahmi 1 Dispar Riau Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Memanfaatkan Limbah Daun Nanas Pekanbaru Tribunterkini- Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep di era ekonomi baru, yang mengintensifkan informasi dan...
Fahmi Dispar Kemenpar RI Gandeng Dispar Riau Gelar Sosialisasi Branding Pesona Indonesia Pekanbaru Tribunterkini- Dalam mencapai suksesnya tujuan pemasaran, tentunya diperlukan elemen-elemen pemasaran yang cepat dan tepat...

Tag Cloud