Disperindag Kota : Faktor Cuaca Pengaruhi Harga Cabai

Posted on December 13, 2017 | in Bisnis, HotNews, Pemko Pekanbaru | by


Pekanbaru Tribunterkini- Selama sepekan terakhir ini, harga seluruh jenis cabai di Kota Pekanbaru mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga ini disebabkan pasokan yang menipis akibat musim penghujan di daerah penghasil cabai.

Kepada Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman, mengatakan, bahwa saat ini seluruh jenis cabai yang beredar di Kota Pekanbaru mengalami kenaikan. Mulai dari cabai merah Bukit Tinggi, cabai merah Medan, cabai hijau serta cabai rawit.

“Yang jelas, hampir seluruh jenis cabai mengalami kenaikan harga, jika dibandingkan beberapa minggu sebelumnya”, ujar Irba.

Irba menambahkan, kenaikan yang terjadi ini bukan disebabkan adanya trend mendekati hari raya Natal dan Tahun baru 2018. Tetapi murni dikarenakan adanya faktor cuaca yakni musim penghujan.

“Harga cabai naik ini disebabkan faktor cuaca yang tidak mendukung yakni musim penghujan. Di mana, cabai yang panen oleh petani terpaksa harus dijemur dahulu untuk menghilangkan kadar air. Hal ini mengakibatkan sentral-sentral cabai pun mengalami kekosongan dan harga cabai pun turut pedas”, sebut Irba.

Ditegaskan Irba, jika harga cabai terus menerus naik. Pihaknya akan melakukan intervensi harga di pasaran. Pasalnya, sesuai arahan Pemerintah pusat kenaikan harga yang dibenarkan itu hanya mencapai 20 persen dari harga normal.

“Saat ini, kita masih terus melakukan pemantauan. Jika harga naik diatas ketentuan. Maka kita bersama bulog dan Disperindag Provinsi Riau akan segera melakukan intervensi harga dengan cara operasi pasar”, ungkap Irba.

Dari data yang diperoleh melalui Disperindag Kota Pekanbaru, harga cabai merah Medan minggu ini mengalami penurunan harga hingga Rp2000 perkilogramnya. Sementara harga cabai merah Bukit Tinggi naik Rp.3000 perkilogramnya, cabai rawit naik Rp.4000 perkilogramnya, dan cabai hijau naik Rp.2000 perkilogramnya. (Ruben/Kominfo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Advertorial

DPMPTSP Kota Pekanbaru Raih Perhargaan PTSP Terbaik di Indonesia DPM-PTSP Kota Pekanbaru Raih Perhargaan PTSP Terbaik di Indonesia Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT saat menerima Penghargaan Peringkat Pertama Penyelenggaraan PTSP Tingkat Kota...
Puluhan Inovator Ikuti Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Provinsi Riau 0 Puluhan Inovator Ikuti Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Provinsi Riau Pekanbaru Tribunterkini- Puluhan Inovator ikuti Lomba Inovasi TTG Tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan sejak tanggal...
Pemko Adv HUT ke 234. 1 jpg Kota Pekanbaru Semakin Smart di Hari Ulang Tahun ke 234 Pekanbaru Tribunterkini- Bertepatan di  Hari Ulang Tahun Kota Pekanbaru HUT yang ke- 234, Walikota Pekanbaru...
Bupati Rohul dan Gubri Bupati Rohul Sebut Pemekaran 20 Desa Persiapan, Karena Kepedulian Gubernur Riau Rohul Tribunterkini- Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, langsung menyerahkan nomor register (Noreg) 20 desa Persiapan Se...

Tag Cloud