Sekda Inhil Sebut Extractive Industries Transparency Initiative (EITI) Akan Dorong Transparansi Alokasi dan Penyaluran Dana Bagi Hasil (DBH)

Posted on April 11, 2018 | in Bisnis, HotNews, Riau | by

Tembilahan Tribunterkini- Sekretaris Daerah (Sekda) Indragiri Hilir (Inhil) H Said Syarifuddin menyebutkan, bahwa Extractive Industries Transparency Initiative (EITI) yang berada di bawah naungan Kementerian Koordinasi Perekonomian akan mendorong transparansi mekanisme alokasi dan penyaluran Dana Bagi Hasil (DBH).

Hal itu disampaikannya usai mengikuti Focus Group Discussion (FGD) tentang transparansi DBH di Batam, Senin (9/4/2018) kemarin.

Dikatakan Sekda Inhil, FGD ini digelar guna menindaklanjuti pertemuan antara Sekda Se – Provinsi Riau dengan Kementerian Keuangan beberapa waktu lalu, yang spesifik membahas tentang Transfer Dana ke Daerah berupa DBH.

“Pada waktu itu, Sekda se – Riau meminta adanya transparansi soal pengurangan DBH dan meminta transfer dana ke daerah dilakukan secara berkala”, ujarnya.

Dalam FGD tersebut, diungkapkan Sekda, Dirjen Perimbangan Keuangan mengulas tentang transparansi DBH dari sisi tugas, fungsi dan perannya. Pembahasan juga berkutat pada persoalan dana bagi hasil sektor industri ekstraktif.

Sekda menjelaskan, beberapa isu yang selalu menjadi pertanyaan banyak pihak dan ikut dibahas dalam FGD, antara lain mengenai mekanisme dan besaran alokasi DBH bagi masing-masing daerah, proses penyaluran, dan isu mengenai kurang bayar dan lebih bayar.

“Walaupun regulasi terkait DBH sudah diatur dalam Undang-Undang dan peraturan-peraturan turunannya, beberapa pihak masih menganggap pembagian DBH dari sumber daya alam memiliki kelemahan, salah satunya karena pengaruh fluktuasi harga minyak dunia dan harga-harga komoditi lainnya, serta nilai tukar rupiah”, terangnya.

Ketidakpastian yang muncul akibat pengaruh harga, lanjut Sekda Inhil, menjadi sumber kekeliruan Pemerintah Daerah dalam menetapkan besaran DBH yang akan diterima dalam satu tahun anggaran sehingga berdampak terhadap terganggunya perencanaan anggaran daerah.

Ke depan, kata Sekda Inhil lagi, EITI berkomitmen untuk terus berupaya mendorong transparansi mekanisme alokasi dan penyaluran DBH agar terbangun kesalingpercayaan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. (Ruben/MC Riau).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Advertorial

PMD Riau Bimtek 1 Penutupan Acara Bimtek RPJMDes dan RKPDes Provinsi Riau Pekanbaru Tribunterkini- Acara penutupan dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Suka pekanbaru. Peserta yang telah mengikuti...
Wakil Bupati Pelalawan Panen Raya Cabe Keriting Didesa Terbangiang Wakil Bupati Pelalawan Zardewan Beri Apresiasi Bantuan PT. ARARABADI Terhadap Petani Bandar Petalangan Tribunterkini- Bertempat di Desa Terbangiang Kecamatan Bandar Petalangan siang hari ini (Rabu/18/4/2018) diadakan...
sebelum-sholat-jumat-panglima-tni-dan-kapolri-akan-beri-arahan-untuk-personilnya Sebelum Sholat Jumat Panglima TNI dan Kapolri Akan Beri Arahan Untuk Personilnya di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Riau Pekanbaru Tribunterkini- Sebelum melaksanakan sholat Jumat, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jend Pol...
PMD Riau 1 Acara Pembukaan Bimtek Penyusunan Recana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMDesa) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Bagi Aparatur Desa Se Provinsi Riau Pekanbaru Tribunterkini- Dinas PMD Riau taja pembukaan bimbingan teknis penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa...

Tag Cloud