Antisipasi Adanya Pungli Saat PPDB, Dinas Pendidikan Pekanbaru Siapkan Posko Pengaduan

Posted on May 25, 2018 | in HotNews, Pemko Pekanbaru, Pendidikan | by

Pekanbaru Tribunterkini- Antisipasi adanya pungutan liar (Pungli) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru membuka posko pengaduan bagi warga khususnya orang tua siswa.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan posko pengaduan dibuka dari tanggal 02 Juli hingga 04 Juli mendatang selama pendaftaran PPDB baik di tingkat SD maupun SMP Negeri di Pekanbaru.

“Posko pengaduan ini didirikan di setiap sekolah dan kantor Disdik Kota Pekanbaru. Langkah ini kita lakukan untuk meminimalisir aksi pungli di sekolahan. Kami juga mewajibkan panitia pendaftaran mengumumkan siswa yang diterima melalui sistem online agar masyarakat bisa lebih cepat mengaksesnya”, kata Jamal.

Menurut Jamal, dengan adanya Posko Pengaduan ini bisa menjadi jembatan untuk mengetahui masalah yang dihadapi dalam penerimaan murid baru. Posko ini juga sebagai pengawasan bagi sekolah dalam penerimaan murid baru.

“Punggutan yang tidak wajar oleh pimpinan sekolah harus dilaporkan ke Posko dan ditindaklanjuti untuk diproses. Kepada para orang tua diimbau agar tidak takut melaporkan masalah bila ada pungutan tersebut dan kerahasiaannya akan dijamin”, tegas Jamal.

Jamal menambahkan, jika ada ditemukan pungli. Dirinya dengan tegas menyatakan akan memberikan sanksi bagi penerima dan pemberi pungli.

“Jika orangtua kedapatan memberikan pungli kepada oknum, maka anaknya akan dikeluarkan dari sekolah. Sedangkan pihak sekolah yang menerima ada saksi tegas yang diberikan”, tukasnya.

Jamal juga menyebutkan dengan sistem Zonasi tidak ditampik terjadinya pungli. Namum dengan sistem transparan menerima siswa juga meminimalisir terjadinya pungli.

“Meski sistem Zonasi jarak antara tempat tinggal siswa dan sekolah. Tempat tinggal harus disesuaikan dengan kartu keluarga (KK). Namun kita juga menerapkan nilai tertinggi dan nilai terendah pada penerimaan siswa”, tutupnya. (Ruben/MCR).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Advertorial

upacara-hut-riau-berjalan-khidmat-bj-habibi-hadir Upacara HUT Riau Ke 61 Tahun Berjalan Khidmat, Presiden RI Ke 3 Prof Dr Ing Burhanuddin Habibi Hadir Pekanbaru- Pelaksanaan peringatan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 61 Provinsi Riau berjalan khidmat. Presiden...
solna Gubri Kukuhkan Kontingen SOIna Riau 2018 Pekanbaru Tribunterkini - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengukuhkan kontingen Special Olympics Indonesia (SOIna) Provinsi Riau di...
Kampar Kementerian 1 Rombongan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Kunjungi Lokasi Pembangunan ICS di Desa Koto Perambahan Kabupaten kampar Kampar Tribunterkini- Direktur Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Innes Rahmania,...
Walikota Pku Firdaus Walikota Pekanbaru Terbitkan Surat Edaran, Buang Sampah Sembarangan Dikenai Denda Rp 2,5 Juta Pekanbaru Tribunterkini- Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun...

Tag Cloud