Targetkan BUMDesa Mandiri di Rohil, Pemprov Riau Laksanakan Pelatihan di Bagan Siapi-Api

Posted on May 11, 2018 | in Advertorial, HotNews, Riau | by

Rohil Tribunterkini- Pemprov Riau melalui Dinas PMD Riau taja Pembinaan Pengelolaan BUM-Desa Se Provinsi Riau tahun 2018 di Kabupaten Rokan Hilir, Hotel Mulia Bagan Siapi-api (10-13 Mei).

Nampak hadir dalam pelatihan tersebut Kadis PMD Riau Drs.H.Syarifuddin AR. M.Si, Sekda Kabupaten Rohil Drs.H.Surya Arfan.M.Si, Kadis PMD Kabupaten Rohil diwakili Sekretaris Dinas Mulyadi Masri,S.Sos, Kabid Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat PMD Rohil DR.Iryan Cahyadi, Kasi Pued dan TTG Ummi Kalsum, Kasi Pemberdayagunaan SDA dan TTG PMD Riau Junaidi,S.PT,M.Si, Narasumber dari unsur Akademisi dan praktisi yang juga merupakan tim BUMDesa Center Provinsi Riau diantaranya Jakiman MM dan Mizan Asnawi M. Ec. Dev, serta Ir.Fendi Jaswir. MP.

Dalam kesempatan ini Kadis PMD Riau Drs.H.Syarifuddin AR. M.Si menyampaikan bahwa, Pemprov riau kembali melakukan pelatihan BUMDesa di Bagan Siapi-api, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Dalam sambutannya Syarifuddin Ar selaku Kadis Pmd Provinsi Riau menyatakan menaruh harapan besar pada BUMDesa di Rohil mengingat dukungan  sumber  daya alam dan posisi Kabupaten Rohil yang strategis.

Rohil ini sangat kaya dengan sumber daya alam. Baik hayati maupun non hayati. Kekayaan hayati terbentang mulai dari daratan seperti kelapa sawit maupun perairan seperti hasil perikanan. Sedangkan kekayaan non hayati yaitu sumber daya gas dan minyak bumi. Disamping itu juga banyak memiliki  kekayaan destinasi wisata. Itu semua membuka ruang yang sangat besar untuk BUMDesa dalam mengembangkan usahanya.

Kami juga berupaya agar dukungan pemerintah pusat juga ada untuk pengembangan BUMDesa disini. Pemerintah Provinsi Riau melalui dinas PMD Provinsi Riau kedepan akan memberikan dukungan permodalan kepada BUMDesa di Rohil sesuai dengan kemampuan anggaran. Yang jelas saat ini persiapan untuk melaksanakan pengembangan BUMDesa mandiri semakin dimatangkan dan terus disosialisasikan”, tutur Kadis PMD Riau Syarifuddin AR.

Selanjutnya Sekda Kabupaten Rokan Hilir Drs.H.Surya Arfan.M.Si yang hadir mewakiki Plt. Bupati mengatakan bahwa potensi yang dimiliki BUMDesa di Rohil memang sangat bagus. Seperti misalnya saat ini pengelolaan Danau Napangga di Tanjung Medan yang dikelola oleh 5 lima BUMDesa. Ini dapat menjadi sebuah destinasi wisata yang potensial nantinya.

Sekda Rohil berharap pelatihan BUMDesa yang ditaja Dinas PMD Provinsi Riau ini dapat dilaksanakan lagi pada tahun-tahun yang akan datang. Dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan semangat kepada para pengurus BUMDesa. Tentunya juga akan tercipta sinkronisasi antar Dinas PMD Provinsi dan PMD Kabupaten dalam melakukan pembinaan BUMDesa, ucapnya.

Kepala Bidang UEM dan TTG Dinas PMD Provinsi Riau Nasrijal,S.Sos dan juga sebagai ketua panitia, mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 80 orang hadir semua.  Sedangkan materi yang diberikan lebih spesifik pada materi terkait administrasi pengelolaan keuangan BUMDesa. Hal ini sesuai dengan permintaan pihak PMD Kabupaten Rokan Hilir yang memandang perlunya materi tersebut.

Lalu Kabid P2M PMD Rohil DR. Iryan Cahyadi menyampaikan bahwa  dinas PMD Rohil melalui Bidang P2M juga terus melakukan sosialisasi dan pembinaan ke kecamatan-kecamatan yang ada di Rohil”, ucapnya. (Ruben/Rls).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Advertorial

pemko-pekanbaru-batalkan-acara-petang-megang Situasi Tak Kondusif, Pemko Pekanbaru Batalkan Acara Petang Megang Pekanbaru Tribunterkini- Rencana Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk menggelar tradisi potang balimau atau petang megang...
Kadis PMD Riau Pencairan Dana Desa Tahap II (Dua) Pekanbaru Tribunterkini- Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa mengeluarkan surat edaran perihal...
Rakor Pelalawan Wabup H. Zardewan Hadiri Rakor Sinergitas Bersama Pemprov Riau Pekanbaru Tribunterkini- Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang diwakili oleh Wakil Bupati H. Zardewan menghadiri Rapat Koordinasi...
PMD Riau-Rohil Targetkan BUMDesa Mandiri di Rohil, Pemprov Riau Laksanakan Pelatihan di Bagan Siapi-Api Rohil Tribunterkini- Pemprov Riau melalui Dinas PMD Riau taja Pembinaan Pengelolaan BUM-Desa Se Provinsi Riau...

Tag Cloud