Plt Gubri Safari Ramadhan Bersama Jama’ah Masjid Agung Nasional Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu

Posted on June 7, 2018 | in Advertorial, HotNews, Riau | by

Rokan Hulu Tribunterkini- Plt Gubri pada acara safari ramadhan 1439 H/Tahun 2018, bersama jama’ah Masjid Agung Nasional Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu, Sekaligus penyerahan simbolis Bankeu Provinsi Riau Rp.100 juta perdesa, juga dilakukan penyerahan bantuan CSR dari Bank Riau Kepri Rp.50 juta untuk Masjid dan Mushola di Rohul. Kamis, (07 Juni 2018).

Nampak hadir Pemprov Riau, para Asisten Setda, Kepala BPKAD Prov. Riau, Kepala dinas PMD Prov. Riau, Kepala Bapenda Prov. Riau, Kepala Dinas PUPR Riau, Kepala Biro Kesra, Kepala Satpol PP Prov. Riau, Bupati Rohul, Sekda Rohul, Forkompida Kabupaten Rohul, Tokoh masyarakat dan alim ulama serta ASN dan masyarakat, Direktur PT. Bank Riau Kepri yang mewakili.

Dalam kesempatan ini Plt Gubri H. Wan Thamrin Hasyim menyampaikan dalam safari ramadhan 1439 H/tahun 2018 bersama Jama’ah Masjid Agung Nasional Islamic Center ini kita dapat bisa berkumpul bersama-sama dalam suasana Silahturahim.

Bulan suci Ramadhan ini, kiranya dapat dijadikan landasan untuk meraih keberhasilan di setiap sektor pembangunan. Pemerintah Provinsi Riau khususnya akan selalu bersama-sama dengan masyarakat dalam membangun Provinsi Riau untuk kemajuan dan perubahan yang lebih baik, karena sesungguhnya prinsip dari nilai-nilai filosofi yang terkandung dalam  bulan suci Ramadhan ini adalah meraih ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Nilai-nilai kebersamaan adalah merupakan kata kunci untuk mewujudkan kemajuan dan perubahan.

Kini upaya pembangunan di Provinsi Riau secara kongkret telah programkan dalam RPJMD 2014-2019. Keberhasilan berbagai bidang yang kita raih:

  1. Bidang Kesehatan.

Pemerintah Provinsi Riau memberikan bantuan Keuangan ke Kabupaten/Kota untuk percepatan standar mutu sarana prasana di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit. Benkeu ini kita programkan sejak tahun 2018, dana Benkeu pada bidang kesehatan digulirkan untuk Kabupaten/Kota saja sebesar Rp. 75.118.069.972.

Sedangkan pembanguan yang dapat kita rasakan melalui dana Benkeu sebagai berikut:

  1. Sudah membangun 26 Puskesmas.
  2. Pengadaan Ambulance 43 unit.
  3. Pembangunan Poskesdes 28 Unit.
  4. Pengadaan Alkes di berbagai Fanyankes.

Harapan kita, hal ini dapat memenuhi standar mutu pelayanan kesehatan, baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit (RS).

Pemerintah Provinsi Riau sejak April 2015, telah mengintegrasikan Jamkesda ke dalam JKN/KIS secara bertahap. Hingga bulan September 2017 lalu, jumlah peserta Jamkesda yang telah didaftarkan ke dalam Program JKN/KIS sebanyak 472.025 Jiwa. Dari beberapa Kab/Kota jumlah cakupan peserta Jamkesda yang diintegrasikan ke dalam JKN/KIS telah sesuai dengan Roadmap integrasi.

  1. Bidang Pendidikan.

Pemerintah sudah menyediakan anggaran yang relatif besar untuk pembangunan bidang pendidikan di Provinsi Riau. Seperti realisasi sebesar 20% dari APBD. Kini tinggal kita semua para pemangku kepentingan bidang pendidikan di Kabupaten/Kota se Provinsi Riau untuk mengimplementasikan berbagai kebijakan bidang pendidikan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku.

Pemerintah Provinsi Riau telah melakukan berbagai upaya dan membuat kebijakan untuk memajukan pembangunan bidang pendidikan, Peningkatan Kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, penyaluran Dana Alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan, Bantuan Operasional Sekolah, dan pada tahun 2017 lalu, kita berusaha untuk meningkatkan APK APM dan Penuntasan Wajib Belajar 12 Tahun, serta akses pendidikan bagi masyarakat miskin.

  1. Bidang Infrastruktur.

Kita juga sangat bersyukur, karena sesuai arahan Presiden RI, Bapak Joko Widodo, ada beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) di Riau yang saat ini tengah digesa pembangunannya di daerah kita. Seperti pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 Km. Diharapkan secara keseluruhan dapat selesai pada tahun 2019.

Demikian pula pembangunan Rel Kereta Api Pekanbaru-Dumai‎ dan proyek infrastruktur lainnya. Di samping pembangunan beberapa kawasan industri dan pelabuhan di Provinsi Riau, seperti di Kuala Enok, Indragiri Hilir dan Tanjung Buton di Siak, secara pasti progresnya bergerak. Insyaa Allah di tahun ini juga, pembangunan Jembatan Siak IV akan kita lanjutkan, dan semoga dapat terselesaikan pada akhir tahun 2018.

Termasuk juga perpanjangan Landasan Pacu (Runway) Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sepanjang 3.000 meter sebagai upaya mendorong Provinsi Riau menjadi Embarkasi Haji. Pembangunan Jaringan SUTET 500 KVA dan juga pembangunan Science Techno Park (STP) di Pasir Putih, Kampar yang akan dilanjutkan pembangunannya. Jembatan-jembatan juga banyak kita bangun yang tersebar di Kabupaten yang ada di Provinsi Riau dengan total dana 609,1 Miliar (2014-2017).

Sebagai komitmen dan wujud konsistensi Pemerintah Provinsi Riau dan menyadari ketertinggalan Riau dalam infrastruktur ketenagalistrikan serta masih rendahnya Rasio Elektrifikasi dan Rasio Desa Berlistrik, maka kami secara bersama-sama membangun sinergitas Sektor Energi dan Sumberdaya Mineral. Salah satunya dengan mewujudkan Riau Terang 2019.

Dalam kurun 4 (empat) tahun ini, Pemerintah Provinsi Riau telah mengalokasikan Bantuan Keuangan desa secara langsung melalui rekening kas desa dengan besaran Rp. 954, 6 Milyar untuk 1.591 desa se Provinsi Riau. Program Bankeu ini merupakan yang pertama sejak otonomi daerah digulirkan, dan kami (Pemerintah Provinsi) memberikan sepenuhnya kewenangan penggunaan dana tersebut kepada desa sesuai skala kebutuhan dan prioritas. Program untuk desa terus kita evaluasi secara berkala sesuai dinamika perkembangan regulasi yang mengatur desa.

Selain Bantuan Keuangan, tahun depan kita telah alokasikan bantuan desa untuk ekonomi kerakyatan melalui BUMDesa, dan ini telah dimulai melalui pemetaan dan peningkatan kapasitas BUMDesa se Provinsi Riau. Tentunya semua ini tak akan bisa terlaksana secara berkelanjutan tanpa dukungan dan doa dari Bapak/Ibu sekalian.

Di samping itu, dengan diprosesnya desa persiapan untuk kabupaten rohul merupakan wujud komitmen nyata Pemerintah Provinsi Riau dalam upaya percepatan pembangunan dengan mendorong penataan wilayah desa. Melalui surat Bupati Rokan Hulu kepada Gubernur Riau Nomor. 180/HK-UM/04.02 perihal permintaan Kode Register Desa Persiapan tanggal 29 Januari 2018, dan di dukung Peraturan Bupati Rokan Hulu Nomor. 20 Tahun 2018 tentang Pembentukan Desa Persiapan tanggal 29 Januari 2018. Tentunya proses dan prosedur tetap berjalan sesuai syarat dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Harapannya tujuan penataan desa oleh Pemerintah Daerah, antara lain: mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan Desa; mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa; mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik; meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan Desa; dan meningkatkan daya saing Desa, dapat terwujud untuk 20 desa persiapan di Rohul ini, sehingga akhirnya mendorong percepatan pembangunan Riau pada umumnya dan Rohul pada khususnya. Insya Allah dalam waktu yang tidak lama lagi kode register desa persiapan tersebut akan diserahkan langsung oleh Gubernur Riau.

Beberapa waktu yang lalu Pemerintah Provinsi Riau juga telah melaksanakan Pelatihan Pembinaan Badan Usaha Milik Desa ( BUM Desa ) untuk 80 BUM Desa se Rokan Hulu di Pasir Pangarayan dalam rangka percepatan pembangunan ekonomi pedesaan. Hal ini merupakan wujud komitmen nyata dari Pemerintah Provinsi Riau dalam melakukan pembangunan ekonomi pedesaan sesuai dengan indikator rencana program prioritas dan pendanaan yang tertuang dalam RPJMD Provinsi Riau Tahun 2014  2018.

Kami akan terus memberikan dukungan agar terjadi percepatan untuk menjadikan bum desa maju dan mandiri. Dengan lahirnya BUM Desa BUM Desa yang maju dan mandiri tentunya Pendapatan Asli Desa akan meningkat secara signifikan. Sehingga pembangunan desa dapat dilaksanakan lebih baik lagi.

Oleh karena itu kita memberikan perhatian khusus terhadap BUM Desa terutama pada tahun tahun yang akan datang. Ini sejalan dengan kebijakan ekonomi Provinsi Riau yang kita ambil yaitu pengembangan ekonomi kerakyatan melalui penguatan usaha-usaha mikro seperi UMKM dan BUMDesa. Bahkan saat ini BUM Desa juga sudah menjadi program prioritas nasional melalui Kementerian Desa PDTT dan Kementerian Dalam Negeri. Lebih menggembirakan lagi Pemerintah Provinsi Riau sedang merancang Program 1 (satu) Trilyun untuk BUM DEsa dalam RPJMD 2019-2023 yang akan datang. Diperkirakan akan dialokasikan sekitar Rp. 200 Milyar pertahun untuk dana penunjang penggembangan usaha BUM Desa. Mari bersama kita doakan agar semua ini bisa terwujud.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, dapat kami sampaikan bahwa pada tahun 2018 ini kita akan menghadapi Pilkada Serentak, yakni Pemilihan Gubernur Riau/Wakil Gubernur Riau dan juga Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hilir. Kita berharap kepada seluruh masyarakat untuk ikut mensukseskan Pilkada Serentak tersebut. Mari kita ciptakan kondisi aman, tenteram dan damai, sehingga pelaksanaan Pilkada Serentak tersebut berjalan lancar, aman dan terkendali.

Dengan seraya bersyukur dan menghaturkan doa kepada Allah Subhanahu Wa Taala, mudah-mudahan Provinsi Riau, Negeri Melayu ini senantiasa diberikan kekuatan dan tetap bersemangat untuk menghadapi segala tantangan dan rintangan dalam rangka mengisi pembangunan yang terus berproses ini guna mengejar cita-cita yang kita inginkan bersama. (Ruben/Rls).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Advertorial

Safari Ramadhan Rohul Plt Gubri Safari Ramadhan Bersama Jama’ah Masjid Agung Nasional Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu Rokan Hulu Tribunterkini- Plt Gubri pada acara safari ramadhan 1439 H/Tahun 2018, bersama jama’ah Masjid...
bank-riau-kepri-raih-the-best-overall-performance-bpd-se-indonesia-2018 Bank Riau Kepri Raih Award The Best Overall Performance BPD Se Indonesia 2018 Pekanbaru Tribunterkini- Bank Riau Kepri raih Award The Best Overall Performance BPD se Indonesia 2018...
pjs-bupati-inhil-lantik-pejabat-administrator-pengawas-dan-jabatan-fungsional Pjs Bupati Inhil Lantik Pejabat Administrator, Pengawas dan Jabatan Fungsional Tembilahan Tribunterkini- Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Rudyanto melantik Pejabat Administrator, Pengawas dan...
pemkab-inhil-raih-penghargaan-kapabilitas-apip-level-2 Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir Meraih Penghargaan Kapabilitas APIP Inspektorat Level 2 Tembilahan Tribunterkini- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) meraih penghargaan kapabilitas Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah...

Tag Cloud