Wali Kota Pekanbaru Ingin Masyarakat Tak Ragu Lagi Vaksinasi Anaknya Demi Kesehatan

Posted on October 9, 2018 | in HotNews, Pemko Pekanbaru | by

Pekanbaru- Setelah sempat terjadi penundaan oleh karena pro kontra pemberian Imunisasi Measles Rubella (MR) di Kota Pekanbaru, pagi ini, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru melalui petugas puskesmas Rumbai melakukan Imunisasi MR di SDN 55 Rumbai. Selasa, (09/10/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM yang hadir pada peninjauan lapangan ini menyatakan kelegaannya bahwa akhirnya pelaksaan Imunisasi MR di Kota Pekanbaru bisa dilanjutkan kembali setelah sempat tertunda beberapa waktu yang lalu.

“Alhamdulillah saya lega akhirnya Imunisasi MR di Kota Pekanbaru dapat dilanjutkan kembali”, ujar Kadiskes ini sambil menarik nafas lega.

Mimi menyatakan berbagai upaya pendekatan tak kunjung lelah dia lakukan demi terlindunginya anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun di Provinsi Riau dari penyakit Campak dan Rubella.

“Saya sangat prihatin dengan masih jauhnya capaian Imunisasi MR dari harapan, saya coba melakukan berbagai upaya pendekatan baik formal maupun informal kepada berbagai pihak baik kepada Kepala Daerah seperti Bupati dan Walikota, MUI Kabupaten/Kota bahkan ke Kapolda Riau demi tercapainya Imunisasi MR di Provinsi Riau”, ujar Mimi.

Menurut Mimi, hal ini dilakukannya oleh karena cakupan Imunisasi MR di Riau yang hingga saat ini masih sangat rendah yaitu, 32,4 persen yang menempatkan Riau di posisi ke 3 terendah dari capaian nasional 58,45 persen.

“Saat ini cakupan Imunisasi MR kita masih sangat rendah. Bahkan 3 dari 12 Kab/Kota masih memprihatinkan karena masih sangat jauh dari target 95 persen yang diharapkan yaitu terendah Kota Dumai 4,4 persen, Siak 16,16 persen dan Pekanbaru 19,31 persen”.

Kita berharap semua kabupaten/kota dapat mencapai target yang ditetapkan sehingga dipastikan semua anak-anak kita terlindungi dari bahaya penyakit Campak dan Rubella, harap Mimi.

Selain itu, Mimi juga menyampaikan dengan masih rendahnya capaian Imunisasi MR diseluruh Indonesia, Menteri Kesehatan memberikan perpanjangan waktu Pelaksanaan Kampanye MR melalui surat Nomor: SR.02.06/Menkes/573/2018 pada tanggal 20 Seprember 2018 tentang Waktu Pelaksanaan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Fase II yang tadinya direncanakan dari bulan Agustus hingga akhir September, diperpanjang sampai dengan tanggal 31 Oktober 2018.

Sebagaimana diketahui Imunisasi MR ini dilakukan sebagai upaya melindungi anak dari bahaya penyakit Campak dan Rubella. Upaya Imunisasi ini dilakukan sesuai dengan komitmen global untuk memerangi penyakit Campak dan Rubella dan dilakukan diseluruh dunia.

Saat ditanya mengenai kegiatan Imunisasi MR di SDN 55 Rumbai pada pagi ini, Mimi menyatakan bahwa untuk wilayah Pekanbaru, daerah Rumbai termasuk yang cakupannya rendah.

“RIumbai ternasuk yang rendah cakupannya, makanya kita sengaja turun meninjau lapangan untuk mensupport pelaksanaan MR di SDN 55 Rumbai demgan sasaran 500 orang anak.

“Kita berterimakasih, karena hari ini Pak Walikota Pekanbaru juga berkenan hadir dilokasi sebagai bentuk dukungan pimpinan daerah untuk Imunisassi MR”, tambah Mimi.

Sementara itu Walikota Pekanbaru Ir. Firdaus ST.MT yang hadir dilokasi, menghimbau dan meminta dukungan dari semua pihak terutama dari orang tua, camat, dan lurah agar mendukung pelaksanaan Imunisasi MR di Kota Pekanbaru. Walikota juga menyampaikan masyarakat tidak perlu ragu lagi, karena Imunisasi MR aman dan sudah ada fatwa dari MUI bahwa hal ini boleh dilakukan.

Ia berharap semoga Imunisasi MR di Kota Pekanbaru dapat mencapai target sesuai yang diharapkan. Khusus untuk Diknas walikota menyatakan bahwa ini adalah perintah.

“Saya mengimbau kepada semua pihak agar dapat mendukung pelaksanaan Imunisasi MR di Kota Pekanbaru. Saya minta kepada orang tua, camat-camat dan lurah-lurah untuk dapat mendukung pelaksanaan Imunisasi MR. Untuk Diknas ini perintah”, tegas Walikota.

“Jadi masyarakat tidak perlu ragu lagi, karena Imunisasi MR ini aman dan sudah boleh dilakukan kerana sudah ada fatwa MUI”, tegasnya lagi. (Ruben/MCR).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Iklan

002 (2) Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndaao
003 Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao
004 Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao
001 Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao
005 Iklan Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao

Advertorial

IMG_20181024_220420 Lampung Utara Kembali Raih Opini WTP Dari Menkeu RI Laporan: Advetorial/ rizal LAMPUNG UTARA,-Setelah tiga kali berturut-turut, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara Kembali menerima penghargaan...
IMG_20181023_095604 Bupati Kampar Azis Zaenal Serahkan Mini Traktor ke Desa Sei. Lembu Kecamatan Tapung Laporan: (Advetorial/Kominfo) Tapung, Kampar - Bupati Kampar Azis Zaenal menyerahkan Traktor Pertanian kepada masyarakat Sei.Lembu...
Bank Riau Bank Riau Kepri Raih 2 Penghargaan DataGovAi Award 2018 Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Jumain Appe didampingi...
PMD Riau Evi Kadis PMD Riau Membuka Acara Orientasi Tugas Pokja P2KTD Program Inovasi Desa Pekanbaru- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau Drs. H. Syarifuddin, M.Si menghadiri acara...
bank-riau-kepri-luncurkan-e-money Bank Riau Kepri Launching E-Money Pekanbaru- Mengikuti perkembangan zaman dan dunia perbankan saat ini, Bank Riau Kepri meluncurkan produk uang...
IMG_20180929_171624 Kabupaten Tulang Bawang Barat Kembali Raih WTP dari BPK RI Tubaba- Diraihnya sebagai Kabupaten Tulangbawang Barat sebagai (Tubaba Top) Terdepan Optimis dan Pasti Maju Tidak...
Default utility Image Jasa Raharja Peduli Guyub Rukun Desa Sukamaju – Kuantan Singingi Kuansing- Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara yang mempunyai tugas utama menjalankan UU No....
kampanyekan-seftey-riding-menhub-bersama-gubri-pakai-motor-sisir-jalan-protokol-pekanbaru Kampanyekan Safety Riding, Menhub RI Bersama Gubri Pakai Sepeda Motor Sisir Jalan Protokol Kota Pekanbaru Pekanbaru- Ada yang tidak biasa saat Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi berkunjung ke Kota...

Tag Cloud