Riau

Wagubri Hadiri Peringatan HUT PGRI Ke-75 dan HGN Tahun 2020

Kamis, 26 November 2020 - 14:18 WIB , Editor: ruben,

Pekanbaru | Tribunterkini- Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Nasution menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sekaligus Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2020 di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (26/11/2020).

Wagubri menyampaikan memperingati HUT PGRI dan Hari Guru Nasional sebagai bentuk untuk meningkatkan kesadaran kita terhadap peranan guru. Menurutnya guru adalah kunci utama dalam proses belajar mengajar yang sangat menentukan kehidupan umat manusia.

"Kita percaya guru - guru di Provinsi Riau akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia," katanya.

Ia melanjutkan bahwa memperingati HUT PGRI dan Hari Guru Nasional ini berbeda dari tahun sebelumnya. Karena pada tahun ini yang menjadi poin utamanya tentang bagaimana PGRI di semua tingkatan dapat berperan, agar anak - anak didik tetap memperoleh layanan pendidikan dengan baik dalam masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada Pendidikan anak Usia Dini (PAUD) jalur pendidikan formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

"Sehingga guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan," tambahnya.

Wagubri mengatakan, peran guru yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa. Adapun wujud penghormatan pemerintah kepada guru tersebut tertuang melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 yang menetapkan tanggal 25 November sebagai hari guru bersamaan dengan Hari Ulang Tahun PGRI.

Ia berharap kepada para guru agar tetap mencurahkan perhatian terhadap pembinaan mental dan rohani murid-murid. Peran guru bukan hanya semata mengajar memindahkan pengetahuan kepada para murid agar para murid mengerti, namun peran guru juga membentuk kepribadian anak-anak agar mencerminkan jiwa dan kepribadian yang berbudi pekerti luhur dan mulia.

"Guru tentu lebih menyadari bahwa mendidik bukanlah sekedar mengajar namun guru diharapkan dapat membentuk kepribadian anak - anak kita yang benar-benar mencerminkan jiwa dan kepribadian yang berbudi pekerti luhur dan mulia," tutupnya.

Turut hadir Pimpinan DPRD Riau Hardianto, Perwakilan Forkopimda Provinsi Riau, Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Unifah Rosidi, Ketua Pengurus Besar PGRI Huzaifah Dadang, Ketua PGRI Provinsi Riau Muhammad Syafii, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram dan peserta undangan lainnya. **(MCR).

(Pekanbaru/ruben)

KOMENTAR
Silahkan Login Untuk Mengisi Komentar